Jalan Tol Sepanjang 140 Kilometer Bengkulu Lubuklinggau Segera Direalisasikan

Jalan Tol Sepanjang 140 Kilometer Bengkulu Lubuklinggau Segera Direalisasikan

Diposting pada

Indoportal.web.id-Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, pembangunan jalan tol

Bengkulu-Lubuklinggau sepanjang 140 kilometer (km), segera direalisasikan dalam waktu dekat ini oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera).

loading...

Sebab, rencana pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau, Sumsel, sudah masuk program strategis nasional (PSN) Presiden Joko Widodo sehingga akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Sesuai pembicaraan Pak Menteri Basuki Hadimulyono ketika berkunjung ke Bengkulu, program pembangunan jalan tol atau jalan bebas hambatan Bengkulu-Lubuklinggau, Sumsel, masih dalam proses dan segera direalisasikan dalam waktu dekat,” kata Rohidin Mersyah, di Bengkulu, Kamis (29/12).

Ia mengatakan, rencana pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumsel sepanjang 140 km itu, saat ini telah
dilakukan survei untuk membuat dan menentukan linementnya.

Selanjutnya setelah linementnya sudah ada, baru kemudian pemerintah pusat mengirim surat ke kepala daerah setempat, termasuk Bengkulu, untuk menentukan lokasi dan pembebasan lahan bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) daerah bersangkutan.

“Kita berharap rencana pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau, Sumsel dapaat direalisasikan dalam waktu dekat, sehingga ases transportasi darat dari dan ke daerah ini semakin lancar ke depan,” ujarnya.

Dengan demikian, angkutan orang dan barang melalui jalur darat Kota Bengkulu-Lubuklinggau dan sebaliknya semakin kancar, serta jarak tempuh semakin singkat. Hal ini akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Bengkulu ke depan, katanya.

Terkait rencana pembangunan rel kereta api Kota Padang, Rejang Lebong ke Pulau Baai, Kota Bengkulu, Gubernur Rohidin
Mersyah mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

Jalan Tol Sepanjang 140 Kilometer Bengkulu Lubuklinggau Segera Direalisasikan

Soal rencana pembangunan rel kereta api Kota Padang-Bengkulu, sudah dikoordinasikan dengan Kemenhub, dan kita
berharap dari beberapa pertemuan sebelumnya ada tindaklanjutnya, sehingga ada titik terang soal pembangunan jaringan kereta api di Bengkulu tersebut,” ujarnya.

Plt Gubernur Bengkulu menambahkan, koordinasi dan pertemuan sebelumnya, akan ada lanjutan dalam waktu dekat guna mematengkan rencana pembangunan rel kereta api di wilayah Bengkulu tersebut, ujarnya.

Jika pembangunan rel kareta api di Bengkulu dapat direalisasikan, maka sebagai produksi batu bara PT Bukti Asam dapat dikapalkan melalui pelabuhan Pulau Baai, karena jarak dari Tanjung Enim, Sumsel ke Bengkulu sangat singkat dibanding diangkut ke Palembang dilansir Indoportal.web.id dari beritasatu.com

Selain itu, jika batu bara produksi PT Bukit Asam di kapalkan melalui pelabuhan Pulau Baai, maka geliat di pelabuhan
ini akan meningkat lagi dari yang ada sekarang, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatkan ekonomi Bengkulu ke depan.

Karena itu, Pemprov Bengkulu, berharap sekali program pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau dan rel kereta api
di wilayah Bengkulu, benar-benar direalisasikan pemerintah pusat. Sebab, jika infrastruktur transportasi ini benar-benar dapat direalisasikan pemerintah pusat, maka membawa Bengkulu keluar dari predikat daerah paling tertinggal di kawasan barat Sumatera,” katanya. **